Mengerikan! Berikut 5 Wabah Penyakit yang Penah Musnahkan Umat Manusia - Dewagalau.com

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, March 1, 2018

Mengerikan! Berikut 5 Wabah Penyakit yang Penah Musnahkan Umat Manusia


Bacaan Dewagalau - Seperti  yang sudah kita ketahui, bahwa penyakit tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia. Keberadaan virus dan bakteri tidak bisa seratus persen dimusnahkah, tapi bisa dikendalikan.

Dari dulu sampai sekarang, ada penyakit-penyakit yang pernah menyebar luas melintasi negara, memakan korban jutaan umat manusia. Beberapa penyakit bahkan masih sering kita dengar.

1. Small Pox atau Cacar


Agen Poker Online Terpercaya - Cacar pernah beberapa kali mewabah di berbagai negara. Disebabkan oleh virus variola, penyakit ini sangat menular melalui kontak kulit dan cairan tubuh.

Di tahun 430 sebelum Masehi, virus ini pernah memakan korban hingga sekitar 30 ribu orang di kota Athena. Cacar juga pernah menyebar di Massachusetts di tahun 1633. Dan pada tahun 1966 tercatat ada 10 sampai 15 juta kasus cacar di 50 negara.

Pada saat itu diperkirakan 1,5 sampai 2 juta orang meninggal akibat penyakit ini. Namun, sejak ditemukannya vaksin, perlahan penyakit ini mulai mereda. Bahkan sejak berhasilnya program vaksin di seluruh dunia, WHO menyatakan bahwa cacar sudah berhasil dimusnahkan.

2. Flu Spanyol atau H1N1 (1918)


Agen Poker Online Uang Asli - Virus flu spanyol ditemukan pertama kali di salah satu kamp militer Amerika pada akhir Perang Dunia I. Dalam beberapa menit, ditemukan lebih dari seratus kasus dan dalam sebulan wabah telah menyebar melintasi lima negara.

Virus ini menyebabkan penderita menjadi berwarna biru dan kesulitan bernafas karena paru-paru yang terisi cairan. Saat itu belum ada obat yang bisa menyembuhkannya. Banyaknya korban karena penyakit ini melebihi korban perang itu sendiri. Tercatat sekitar 100 juta orang meninggal akibat flu spanyol.


3. Black Death


Situs Poker Online Terpercaya - Istilah black death merupakan sebuah tragedi pandemi pes yang menyerang wilayah Eropa, Afrika dan Asia pada tahun 1346-1353. Pes berasal dari China di tahun 1334 dan menyebar bersamaan jalur perdagangan yang luas ke berbagai negara.

Penyakit ini disebabkan oleh gigitan parasit kutu Bubonic plague yang dikenal sebagai kutu pada tikus. Sebutan "Black Death" merujuk kepada gejala penyakit ini yang berupa kematian sel yang membuat kulit penderita berubah hitam.

Diperkirakan ada 75 sampai 200 juta korban meinggal karena penyakit ini. Kedahsyatan wabah ini lantas diangkat dalam sebuah film di tahun 2010

4. Kolera


Live Poker Online - Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Vibrio cholerae yang meghasilkan racun dan menyerang usus. Tercatat ada sekitar tujuh kali wabah kolera yang merebak di dunia. Wabah ketujuh ini  terjadi 1961-1975 dan bersumber dari Indonesia hingga mencapai Bangladesh.

Lalu dari Afrika Utara juga bertransmisi hingga Italia. Wabah ini diperkirakan  telah menyebabkan korban meninggal hingga jutaan orang.


5. HIV/AIDs


Poker Online - Sejak 1981 hingga 2017, Penyakit HIV/AIDs sudah memakan korban sekitar 39 juta orang. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui berbagai cara seperti hubungan seks tanpa pelindung, pemakaian jarum suntuk secara bergantian, dari ibu ke janin, atau melalui ASI.

Sampai hari ini, HIV/AIDs belum bisa disembuhkan. Yang tersedia saat ini adalah obat yang dapat menghambat perkembangan virusnya.

Itulah tadi beberapa penyakit yang pernah menghilangkan sebagian populasi di bumi ini. Seiring pertumbuhan teknologi kedokteran, beberapa penyakit berhasil dibasmi dan ditanggulangi. Agar tidak terjadi lagi kasus penyakit yang merebak, kunci utamanya adalah penecegahan pada diri sendiri. Dan semoga saja kedepannya seluruh penyakit menular di atas bisa ditemukan penyembuhannya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here